Teknik Sipil dan Cabang Ilmu Teknik Sipil

Apa Itu Teknik Sipil ?

Pengertian Teknik Sipil – Teknik sipil adalah cabang ilmu pengetahuan yang melingkupi desain dan konstruksi pekerjaan umum, seperti bendungan, jembatan, jalan raya dan proyek infrastruktur besar lainnya. Ini adalah salah satu cabang teknik tertua dan sangat populer.

Insinyur jaman dulu membangun dinding, jalan, jembatan, bendungan dan tanggul. Mereka menggali sumur, irigasi dan saluran. Seiring kelompok orang yang lebih besar mulai tinggal bersama di kota-kota, populasi ini membutuhkan sumber air bersih yang andal, sarana untuk membuang limbah, jaringan jalan-jalan dan jalan raya untuk perdagangan dan transportasi.

Proyek teknik sipil kuno termasuk Tembok Besar China, Candi Borobudur dan Colosseum. Banyak peradaban awal membangun monumen untuk penguasa. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa, seperti Piramida  dan Sphinx , yang pembangunannya oleh masyarakat pra-industri tetap misterius. Nama para insinyur yang merancang keajaiban ini hilang dari zaman purba.

Post lainnya yang terkait:

Saat ini, masyarakat lebih cenderung mengingat nama-nama proyek teknik sipil yang hebat daripada nama para insinyur yang merancang dan membangunnya. Ini termasuk Jembatan Brooklyn (dirancang oleh John August Roebling dan anak Washington Roebling), Bendungan Hoover (John L. Savage), Terusan Panama (John Frank Stevens) dan Jembatan Golden Gate (Joseph Strauss dan Charles Ellis). Salah satu pengecualian adalah Menara Eiffel , dinamai Gustave Eiffel, insinyur sipil Prancis yang perusahaannya membangunnya.

Pengertian Teknik Sipil

Colosseum salah satu proyek teknik sipil kuno

Apa yang dilakukan seorang insinyur sipil?

Insinyur sipil “merancang, membangun, mengawasi, mengoperasikan dan memelihara proyek dan sistem konstruksi besar, termasuk jalan, bangunan, bandara, terowongan, bendungan, jembatan, dan sistem untuk penyediaan air bersih dan pengolahan limbah.

Insinyur ini juga dapat menangani kegiatan persiapan lokasi, seperti penggalian, pemindahan tanah dan pemeringkatan untuk proyek konstruksi besar. Selain itu, insinyur sipil dapat melakukan atau menulis spesifikasi untuk pengujian destruktif atau nondestruktif terhadap kinerja, keandalan dan ketahanan jangka panjang bahan dan struktur.

Apa yang perlu diketahui seorang insinyur sipil?

Insinyur sipil hari ini membutuhkan pemahaman mendalam tentang fisika, matematika, geologi dan hidrologi. Mereka juga harus mengetahui sifat dari berbagai bahan konstruksi, seperti beton dan baja struktural, dan jenis dan kemampuan mesin konstruksi. Dengan pengetahuan ini, para insinyur dapat merancang struktur yang memenuhi persyaratan untuk biaya, keamanan, keandalan, daya tahan dan efisiensi energi. Insinyur sipil juga membutuhkan pengetahuan tentang teknik struktural dan mekanik .

Insinyur ini dapat terlibat dalam hampir setiap tahap proyek konstruksi besar. Itu bisa termasuk pemilihan lokasi, spesifikasi penulisan untuk proses dan bahan, meninjau tawaran dari subkontraktor, memastikan kepatuhan terhadap peraturan bangunan, dan mengawasi semua tahap konstruksi dan finishing.

Semakin banyak, insinyur sipil mengandalkan sistem perancangan dibantu komputer (CAD); Oleh karena itu, kemahiran dengan komputer sangat penting. Selain mempercepat proses penyusunan proyek teknik sipil, sistem CAD mempermudah modifikasi desain .

Summary
Pengertian Teknik Sipil dan Cabang Ilmu Teknik Sipil
Article Name
Pengertian Teknik Sipil dan Cabang Ilmu Teknik Sipil
Description
Pengertian Teknik Sipil Teknik sipil adalah cabang ilmu pengetahuan yang melingkupi desain dan konstruksi pekerjaan umum, seperti bendungan, jembatan, jalan raya dan proyek infrastruktur besar lainnya. Ini adalah salah satu cabang teknik tertua dan sangat populer.
Author
Publisher Name
Guru Sipil
Publisher Logo
placeholder2 - Pengertian Teknik Sipil dan Cabang Ilmu Teknik Sipil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *