Ketahui Sudut Istimewa Dalam Trigonometri Lengkap - Sudut Istimewa Dalam Trigonometri Lengkap

Sudut Istimewa Dalam Trigonometri Lengkap

Dalam Matematika, Trigonometri sering diartikan sebagai pembelajaran mengenai segitiga. Akan tetapi dalam penerapannya, Trigonometri menyangkut juga tentang hubungan antar sudut dengan sudut lainnya. Untuk itu, mengukur sudut menjadi salah satu keterampilan yang paling umum dalam trigonometri.

Perlu diketahui dalam mengukur sudut yang akan dihitung terdapat dua bagian yang biasa digunakan yakni derajat dan juga radian. Nah, untuk kedua unit pengukuran unit yang dilakukan dimulai dari sumbu x positif di sisi awal atau diukur berdasarkan untuk sudut positif dan yang searah dengan jarum yang yang menunjukkan untuk sudut negatif.

Dan sebelum membahas mengenai nilai perbandingan pada trigonometri pada sudut istimewa, sebaiknya diketahui terlebih dulu tentang tanda yang digunakan untuk nilai perbandingan berdasarkan kuadarannya. Agar dapat menghafal dengan mudah, cara sederhannya dengan mengingat  “ASTC” yang merupakan singkatan dari All, Sinus, Tangen dan Cosinus.

  1. Kuadaran I (A)

Sudut = 0 derajat – 90 derajat

All = semua bernilai positif

  1. Kuadaran II (S)

Sudut = 90 derajat < 0 < 180 derajat

  1. Kuadaran III (T)

Sudut = 180 derajat < 0 < 270 derajat

Tan = hanya tangen dan cotangent yang bernilai positif

  1. Kuadran IV ( C)

Sudut = 270 derajat < 0 < 360 derajat

Cos = hanya cosinus dan secan yang bernilai positif

 

placeholder2 - Sudut Istimewa Dalam Trigonometri Lengkap

 

Pada gambar di atas mengenai identitas trigonometri pun sudah terlihat jelas bahwa hubungan sinus dengan cosecant, cosinus dengan secan dan tangan dengan cotangent. Sehingga kesatuan mereka tersebut merupakan hubungan kebalikan. Sehingga apabila Anda tidak dapat menghafal dan tidak terasa rumit maka Anda bisa menghafalnya dengan nilai sinus, cosinus atau tangen saja. Sementara untuk nilai cosec, sec dan cot tinggal di turunkan dari sin, cosi dan tan.

 

Sudut Istimewa Trigonometri Lengkap

Penting untuk diperhatikan bahwa untuk menghitung secara umum fungsi trigonometri. Apapun kondisinya bahwa nilai trigonometri dari sudut istimewa seperti pada 0 derajat, 30 derajat, 45 derajat dan 90 derajat yang dapat ditentukan dari tabel di bawah ini.

placeholder2 - Sudut Istimewa Dalam Trigonometri Lengkap

Tak hanya sudut yang sudah disebutkan di atas, akan tetapi masih terdapat sudut istimewa lain yang juga mempunyai nilai dan mudah untuk diingat.

Dan berikut terdapat beberapa sudut istimewa sin, cos, tan, csc, sec dan cot dalam ilmu trigonometri.

 

Tips Menghafal Sudut Istimewa Pada Rumus Trigonometri

placeholder2 - Sudut Istimewa Dalam Trigonometri Lengkap

 

  1. Anda bisa menggunakan rumus dasar terlebih dulu dengan menentukan nilai trigonometri dari sudut istimewa yaitu ½ akar n dimana nilai n tersebut adalah angka-angka yang ada dijari tangan.
  2. Untuk Sin x Anda dapat menggunakan angka dengan background warna hijau yang arahnya searah dengan jarum jam. Sedangkan untuk Cos x dapat menggunakan bakcground kuning yang arahnya berlawanan dengan arah jarum jam.
  3. Sudut istimewa bisa dimulai dari 0 pada kelingking hingga 90 di jempol
  4. Apabila mencari trigonometri dalam sin, cos, tan maka sudut istimewa nya tinggal memasukan nilai n yang terdapat pada rumus yang ada di d
  5. Sementara untuk mendapatkan nilai tangen trignometri sudut istimewa nya maka tinggal membagi nilai Sin dengan nilai Cos yang sudah Anda temukan.

 

Apakah Anda masih bingung? Lihat contoh berikut ini

Sin 90, maka Anda bisa melihat warna hijau. Pada jari telunjuk n= 4 yang artinya 90= ½ x akar 4 = ½ x 2 = 1

Cos 60, maka Anda bisa melihat warna kuning. Pada jari telunjuk n = 1 maka Cos 60 = ½ akar 1 = ½

 

Nah, itulah beberapa cara hal yang perlu diketahui tentang sudut istimewa dalam trigonometri. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *