rumah gadang

Indonesia memang merupakan negara yang terkenal karena kebudayaan mereka. Sebagaimana diketahui, di berbagai wilayah di Indonesia berdiam ragam suku bangsa dengan tradisi yang berbeda. Suku-suku tersebut memiliki adat yang unik yang membuat Indonesia kaya akan budaya dan keragaman yang diakui oleh dunia internasional.

Nah, berbincang tentang keragaman budaya, kita bisa melihat bahwa suku-suku di Indonesia memiliki rumah adat tradisional yang sangat menarik. Rumah adat ini adalah ciri khas dari suatu suku yang menandakan eksistensi mereka. Tentu, mengenal beberapa rumah adat dari suku tersebut menjadi penting untuk menambah wawasan keindonesiaan.

Ragam Rumah Adat Tradisional di Indonesia

Sebagaimana disinggung di awal, ada cukup banyak rumah adat yang ada di Indonesia yang berasal dari suku-suku yang berbeda. Rumah adat tersebut menandakan keragaman budaya yang ada di negara ini.
Adapun contoh dari rumah adat yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Rumah Joglo

placeholder2 - Ragam Rumah Adat Tradisional Indonesia Bukti Keragaman Budaya
Rumah Joglo (sumber : https://villa-des-indes-seminyak.hotelmix.es/)

Rumah adat yang pertama adalah joglo. Ini adalah rumah adat khas daerah Jawa, terutama Yogyakarta. Dalam pembangunannya, rumah adat ini dibagi menjadi beberapa area, seperti pendapa, peringgitan, dalem, sentong dan beberapa bagian lainnya.

rumah joglo
Rumah Joglo (sumber: https://www.romadecade.org)

Rumah joglo bisa digunakan untuk beragam jenis acara karena pada dasarnya tidak ada sekat yang membagi ruangan tersebut. Selain itu, rumah ini terkenal dengan bentuk atapnya yang unik. Atap dengan bentuk berjenjang membuat rumah joglo tampak sangat elegan. Sekarang, joglo dijadikan salah satu pelengkap rumah untuk bersantai.

2. Rumah Krong Bade

rumah krong bade
Rumah Krong Bade (sumber: kliping.co)

Rumah Krong Bade adalah rumah adat tradisional yang berasal dari Aceh. Rumah tradisional ini cukup unik karena bentuknya yang memanjang dan besar. Selain itu, rumah ini berbentuk panggung di mana menyisakan ruang terbuka di bagian bawahnya.

Rumah Krong Bade
Rumah Krong Bade

Nah, selain bentuknya yang unik dan memanjang, apa yang menarik dari rumah adat dari Aceh ini adalah bagian tangga. Jadi, rumah memiliki tangga untuk naik ke ruang utama. Sesuai dengan kesepakatan adat, jumlah tangga rumah tersebut harus berjumlah ganjil.

3. Rumah Gadang

rumah gadang
Rumah Gadang

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu rumah adat tradisional ini? Ya, rumah Gadang memang menjadi salah satu rumah adat yang sangat terkenal di Indonesia. Rumah adat ini berasal dari Sumatera Barat dan seringkali digunakan untuk simbol rumah makan Padang yang ada di daerah-daerah.

rumah gadang
Rumah Gadang

Apa yang menarik dari rumah adat ini adalah bentuk atap yang menyerupai tanduk. Selain itu, mirip dengan rumah Joglo, rumah adat ini juga tidak memiliki sekat pada bagian-bagian rumah kecuali pada bagian kamar tidur.

4. Rumah Rakit

Rumah Rakit
Rumah Rakit (sumber: fotopalembang.com)

Jenis rumah adat Indonesia lainnya adalah rumah Rakit. Ini adalah rumah adat yang berasal dari Bangka Belitung. Nah, sesuai namanya, rumah ini dibangun mirip dengan rakit dan dibangun di atas sungai.

placeholder2 - Ragam Rumah Adat Tradisional Indonesia Bukti Keragaman Budaya
Rumah Rakit (sumber: https://thegorbalsla.com)

Karena letaknya yang di atas sungai, maka material yang digunakan adalah kayu dan menggunakan kulit yang dianyam sebagai atap. Jenis rumah ini mulai susah ditemukan di daerah asalnya dan kini cenderung menjadi bagian dari objek wisata.

Nah, beberapa poin di atas adalah contoh dari rumah adat yang ada di Indonesia. Tentu, masih banyak lagi rumah adat tradisional lainnya seiring dengan banyaknya suku di Indonesia. Nah, mengenal rumah adat tersebut bisa menjadi tambahan wawasan tentang Indonesia dan menjadi ide yang anti-mainstream jika Anda ingin membangun rumah yang unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Jasa Desain Arsitek untuk hunian impian Anda?

Order Sekarang