bridge 1850679 6401 - Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil di Masa Depan

Prospek Kerja Teknik Sipil – Dengan investasi yang sangat besar di bidang konstruksi Indonesia, dan beberapa proyek besar sedang berlangsung, selalu ada waktu yang lebih baik untuk membangun karir di bidang infrastruktur.

Kelompok Bank Dunia mencatat, proyek bernilai miliaran dolar AS mendorong investasi sektor swasta yang lebih kuat dalam pembangunan infrastruktur di negara-negara berkembang.

Post lainnya yang terkait:

Dalam laporan Private Participation in Infrastructure (PPI), tercatat investasi hingga semester I 2017 meningkat sebesar 24 persen dari periode yang sama pada tahun lalu. Sepanjang semester I tahun ini, tercatat investasi US$36,7 miliar untuk 132 proyek.

Indonesia merupakan tujuan investasi dengan nilai tertinggi (US$7,8 miliar), sementara Pakistan dan Yordania merupakan pendatang baru dalam posisi lima besar. Sepertiga dari investasi global semester I 2017 berasal dari lima proyek di ketiga negara ini,” tulis laporan Bank Dunia, dikutip Senin (23/10).

Ruas Tol Trans Sumatera merupakan salah satu Megaproyek yang sedang berlangsung di Indonesia dengan nilai investasi: Rp 81 Triliun (8 ruas) dikutip dari data Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP). Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 304 km akan menghubungkan Pulau Sumatera dari Aceh hingga Bakauheni. Tahap 1 terdiri atas 8 ruas, terbagi menjadi empat ruas awal: (1) Medan-Binjai, (2) Palembang-Indralaya, (3) Pekanbaru-Dumai, (4) Bakauheni-Terbanggi Besar; dan empat ruas tambahan: (5) Terbanggi Besar-Pematang Panggang, (6) Pematang Panggang-Kayu Agung, (7) Palembang-Tanjung Api-Api dan (8) Kisaran-Tebing Tinggi.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil di Masa Depan

Salah satu Megaproyek yang akan direalisasikan di Indonesia adalah Pelabuhan Internasional Hub Kuala Tanjung dengan Nilai investasi: Estimasi Rp 30 triliun. Pengembangan pelabuhan di Kuala Tanjung menjadi pelabuhan hub internasional sebagai pintu masuk ke wilayah barat Indonesia. Berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan oleh Kementerian Perhubungan pada 2015, pengembangan pelabuhan akan meningkatkan volume arus peti kemas hingga 12,4 juta TEUs pada 2039.

Dari data Persatuan Insinyur Indonesia (PII), diperkirakan Indonesia kekurangan tenaga insinyur mencapai 120.000 orang hingga lima tahun mendatang (2015-2019). Hal tersebut terjadi karena penambahan tenaga insinyur tidak dapat memenuhi kebutuhan. Saat ini Indonesia menargetkan 50.000 insinyur baru bersertifikat setiap tahunnya. Perguruan tinggi harus dapat mendukung kebutuhan tersebut, terutama yang menguasai bidang pengkajian dan penguasaan bidang terkait.

Di tingkat junior, lulusan dan magang yang ingin membangun karir di bidang teknik sipil pertama-tama harus mempertimbangkan sektor mana yang paling mereka minati untuk bekerja dan kemudian menghubungi konsultan yang mempekerjakan di sektor tersebut. Untuk insinyur yang lebih senior dan berpengalaman yang ingin pindah ke sektor infrastruktur yang berbeda, bekerja dengan konsultan perekrutan dapat membantu mempermudah langkah Anda karena beberapa konsultan lebih ragu mempekerjakan insinyur dari sektor lain. Anda dapat menjelaskan pengalaman apa yang ingin Anda dapatkan, di mana kelebihan Anda dan konsultan kemudian dapat membantu mempromosikan Anda ke konsultan di sektor pilihan Anda.

Sektor infrastruktur mendorong ekonomi untuk mendorong pertumbuhan lebih lanjut, pengusaha perlu mempertimbangkan semua opsi untuk menemukan dan mendapatkan talenta terbaik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih lanjut.”

Profesi insinyur sipil diproyeksikan tumbuh 8% dari tahun 2012 hingga 2024, meski bervariasi di masing-masing lokasi. Misalnya, profesi insinyur sipil di negara berkembang—seperti Indonesia—lebih cepat berkembang dibandingkan di negara maju.

Pemerintah sendiri sudah mencanangkan percepatan proyek-proyek infrastruktur. Dengan demikian, insinyur sipil bakal banyak dibutuhkan untuk mengelola proyek-proyek pembangunan infrasktruktur tersebut, seperti perumahan, bandara, transportasi (MRT, kereta cepat), jalan tol, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *