31317895276 04d1ddae28 z - Pemadatan Beton

A. Pemadatan Beton

Tujuan pemadatan beton adalah untuk menghilangkan rongga-rongga udara dan untuk mencapai kepadatan yang maksimal. Pemadatan juga menjamin suatu perlekatan yang baik antara beton dengan permukaan baja tulangan atau sarana lain yang ikut dicor.

Supaya diperoleh kepadatan maksimal, di sini perlu penggunaan suatu campuran yang mempunyai daya kemudahan pengerjaannya yang cukup sehingga memungkinkan operator untuk mengecor pada posisinya tanpa kesukaran, dengan peralatan yang telah dimilikinya. Di pihak lain penting agar campuran jangan terlalu basah, karena akan terjadi segregasi  (pemisahan butiran). Rongga-rongga terjadi akibat volume udara yang terperangkap, dan rongga-rongga juga terbentuk oleh pengeringan air yang berlebihan.

Bilamana beton dipadatkan, maka perlu agar penulangan jangan diganggu dan  acuan jangan sampai rusak atau berpindahkan tempat. Bagaimana pun perlu diperhatikan, untuk menjamin bahwa pengerjaan beton cukup rata disekitar acuannya, sehingga permukaan yang sudah selesai bahkan akan padat bebas dari keropos dan lubang-lubang yang cukup berarti.

placeholder2 - Pemadatan Beton

B.Cara-cara pemadatan beton

Pemadatan Beton dengan Tangan

Cara pemadatan biasa dengan tangan terdiri atas menusuk-nusuk dan menyusup dengan alat yang tepat. Cara menusuk-nusuk dengan tongkat yang dilakukan dengan tangan memerlukan penggunaan campuranyang cukup workabilitasnya. Mungkin diperlukan suatu slump dari 100 mm sampai 175 mm, bilamana tulangannya rapat.

Pemadatan dengan Mesin Getar

Mesin getar memungkinkan penggunaan campuran yang kurang workabilitasnya, dan menghasilkan peningkatan kekuatan serta penyusutan kering yang lebih rendah untuk proporsi campuran tertentu. Bahkan untuk tampang melintang yang rapat tulangannya, slump tak harus lebih dari 100 mm.

Mesin Getar biasanya dioperasikan dengan mesin udara dari kompresor atau listrik dan mesin-mesin yang sesuai dengan penggunaannya dilapangan.  Ada tiga jenis mesin getar :

a.Mesin getar dalam ( Internal)

Mesin getar dalam ( Internal ) kadang-kadang disebut juga dengan vibrator ( mesin getar ) yang dapat dicelupkan langsung ke dalam beton. Mesin ini memiliki efisiensi yang lebih besar daripada mesin getar lainnya, karena semua energi disalurkan langsung pada betonnya. Serta dapat dengan lebih mudah dikerjakan, dan mudah dipindahkan serta dapat digunakan langsung pada tempat-tempat yang sulit dijangkau.

b. Mesin getar Acuan ( Form Vibrator )

Mesin getar  acuan atau mesin getar luar dipakai bilamana tak mungkin untuk meyisipkan suatu mesin getar yang dapat dibenamkan, seperti pada tulangan rapat atau tampang melintang bagian konstruksi kecil dan sempit.

c. Mesin getar permukaan ( Surface Vibrator)

Jenis Umum dari mesin getar permukaan ialah balok penggetar yang digunakan untuk memadatkan beton jalan raya dan pelat lantai.  Kancah mesin getar ( pan vibrator ) dipergunakan untuk memadatkan beton pada bangunan besar, seperti waduk, tembok penahan tanah, dan abutmen jembatan, dimana luas permukaannya luas. Pada contoh ini, bangunan tersebut di atas mengikuti mesin getar dalam dan dipergunakan untuk membenamkan agregat yang berkelebihan dan memberikan penyelesaiaan akhir yang diinginkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *