Metode Analisis Struktur Terhadap Beban Gempa

Metode analisis yang dapat digunakan untuk memperhitungkan pengaruh beban gempa terhadap struktur adalah sebagai berikut :

 1. Metode analisis statik.

Analisis perancangan struktur bangunan terhadap pengaruh beban gempa secara statis, pada prinsipnya adalah menggantikan gaya-gaya horizontal yang bekerja

pada struktur akibat pergerakan tanah dengan gaya-gaya statis yang ekivalen, dengan tujuan penyederhanaan dan kemudahan di dalam perhitungan. Metode ini disebut Metode Gaya Lateral Ekivalen (Equivalent Lateral Force Method).Pada metode ini diasumsikan bahwa gaya horizontal akibat gempa yang bekerja pada suatu elemen struktur, besarnya ditentukan berdasarkan hasil perkalian antara suatu konstanta berat atau massa dari elemen struktur tersebut.

Beban geser dasar nominal satatik ekivalen V ( base shear ) yang terjadi di tingkat dasar dapat dihitung menurut persamaan :

placeholder2 - Metode Analisis Struktur Terhadap Beban Gempa

C1 = nilai faktor respons gempa

C1 = didapat dari spektrum respon gempa rencana, yang harus diketahui terlebih dahulu waktu getar alami  fundamental T1.

I = faktor keutamaan ( semakin penting nilai bangunan semakin tinggi nilai I)

R = Faktor reduksi gempa

Wi = berat total gedung

Beban geser dasar nominal V tersebut harus dibagikan sepanjang tinggi struktur gedung menjadi beban-beban nominal statik ekuivalen Fi pada pusat massa lantai tingkat ke-i menurut persamaan :

placeholder2 - Metode Analisis Struktur Terhadap Beban Gempa

Wi = berat lantai ke-i termasuk beban hidup yang sesuai

Zi = ketinggian lantai tingkat ke-i

n = nomor lantai tingkat paling atas

placeholder2 - Metode Analisis Struktur Terhadap Beban Gempa

2. Metode analisis dinamis

Analisis dinamis untuk perancangan struktur tahan gempa dilakukan jika diperlukan evaluasi yang lebih akurat dari gaya-gaya gempa yang bekerja pada

struktur, serta untuk mengetahui perilaku dari struktur akibat pengaruh gempa. Pada struktur bangunan tingkat tinggi atau struktur dengan bentuk atau konfigurasi yang tidak teratur. Analisis dinamis dapat dilakukan dengan cara elastis maupun inelastis. Pada cara elastis dibedakan Analisis Ragam Riwayat Waktu (Time History Modal Analysis), dimana pada cara ini diperlukan rekaman percepatan gempa dan Analisis Ragam Spektrum Respons (Response Spectrum Modal Analysis),dimana pada cara ini respons maksimum dari tiap ragam getar yang terjadi didapat dari Spektrum Respons Rencana (Design Spectra). Sedangkan pada analisis dinamis inelastis digunakan untuk mendapatkan respons struktur akibat pengaruh gempa yang sangat kuat dengan cara integrasi langsung (Direct Integration Method).

Analisis dinamik linier riwayat waktu (time history) sangat cocok digunakan untuk analisis struktur yang tidak beraturan terhadap pengaruh gempa rencana. Mengingat gerakan tanah akibat gempa di suatu lokasi sulit diperkirakan dengan tepat, maka sebagai input gempa dapat didekati dengan gerakan tanah yang disimulasikan. Dalam analisis ini digunakan hasil rekaman akselerogram gempa sebagai input data percepatan gerakan tanah akibat gempa. Rekaman gerakan tanah akibat gempa diambil dari akselerogram gempa El-Centro N-S yang direkam pada tanggal 15 Mei 1940. Dalam analisis ini redaman struktur yang harus diperhitungkan dapat dianggap 5% dari redaman kritisnya. Faktor skala yang digunakan = g x I/R dengan g = percepatan grafitasi (g = 981 cm/det2).

placeholder2 - Metode Analisis Struktur Terhadap Beban Gempa

One response to “Metode Analisis Struktur Terhadap Beban Gempa”

  1. 570882 249533I just could not go away your internet site before suggesting that I extremely enjoyed the usual information a person supply to your guests? Is going to be back ceaselessly to be able to inspect new posts. 808834

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *