phone 1052023 1280 1 - Ini Dia 16 Trik Ampuh Cara Belajar yang Efektif, Efisien dan Menyenangkan

Untuk bisa meraih sebuah kesuksesan pastinya dibutuhkan sebuah proses yang tidak sebentar. Salah satunya yaitu dengan belajar. Belajar merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat meraih kesuksesan di masa yang akan datang.

Masing-masing orang pastinya memiliki cara belajar sendiri-sendiri. Akan tetapi, bagi sebagian orang yang melakukan kegiatan belajar secara terus menerus dan dilakukan dalam durasi waktu yang lama bisa saja membuat mereka menjadi lebih cepat bosan.

Hal inilah yang membuat sebagian orang merasa cepat bosan dan jenuh saat belajar terlebih lagi jika materi yang mereka pelajari tidak bisa dipahami. Selain itu beberapa orang juga mengalami penurunan nilai di sekolah karena cara belajar yang salah.

Lalu, apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat kegiatan belajar bisa berubah menjadi hal yang tidak membosankan?

Nah, salah satu hal yang bisa Anda lakukan ialah dengan cara belajar yang efektif, efisien dan menyenangkan. Cara belajar yang satu ini diyakini sangat ampuh dapat meningkatkan kemampuan belajar serta memahami materi pelajaran.

Lalu, bagaimana cara belajar yang efektif, efisien dan menyenangkan agar bisa meningkatkan prestasi Anda di sekolah? Nah, berikut ini ada 16 cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk membuat cara belajar Anda menjadi lebih nyaman dan mampu menyerap materi pelajaran dengan sangat baik.

1. Cari tempat belajar yang nyaman

placeholder2 - Ini Dia 16 Trik Ampuh Cara Belajar yang Efektif, Efisien dan Menyenangkan

Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan mencari tempat yang nyaman untuk belajar. Mencari tempat yang nyaman untuk belajar adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Hal ini karena jika Anda sudah menemukan tempat yang nyaman, maka pikiran dan hati Anda pun menjadi lebih tenang, sehingga materi pelajaran dapat diserap dengan mudah.

2. Tentukan waktu efektif untuk belajar

Cara belajar yang efektif, efisien dan menyenangkan yaitu dengan menentukan waktu belajar yang efektif dan juga tepat.

Nah, perlu Anda ketahui tidak semua waktu dalam satu hari merupakan waktu yang tepat untuk belajar. Pagi hari dan sore setelah tidur siang merupakan waktu yang tepat untuk digunakan belajar.

Hal ini dikarenakan pada kedua waktu tersebut merupakan waktu dimana pikiran Anda sedang tenang, sehingga Anda akan lebih mudah dalam mengangkat materi pelajaran.

3. Tentukan metode belajar

Setiap orang memiliki metode belajar sendiri-sendiri. Oleh sebab itu, pastikan bahwa Anda telah menentukan metode belajar yang sesuai dengan hati agar kegiatan belajar Anda bisa lebih menyenangkan.

4. Disiplin

Nah, cara belajar yang efektif, efisien dan menyenangkan selanjutnya yaitu Anda haru disiplin dalam hal belajar.
Anda harus tahu kapan waktu untuk belajar dan kapan waktu untuk kegiatan yang lainnya. Sisihkan waktu 1 hingga 2 jam dalam sehari untuk mengulang pelajaran sekolah yang telah didapatkan.

5. Catat materi yang diajarkan

placeholder2 - Ini Dia 16 Trik Ampuh Cara Belajar yang Efektif, Efisien dan Menyenangkan

Mencatat materi yang telah diajarkan guru akan memudahkan Anda untuk mengulangnya kembali rumah. Oleh sebab itu, buatlah catatan yang rapi dan menarik agar Anda tidak cepat bosan ketika membacanya di rumah.

6. Minum air putih setiap kali belajar

Walaupun hanya mengandalkan otak saja pada saat belajar, akan tetapi kegiatan belajar yang satu ini juga akan membuat Anda menjadi cepat lelah dan juga mengantuk.

Oleh karena itu, meminum air putih pada saat belajar bisa membantu Anda untuk bisa lebih konsentrasi.

7. Jangan terlalu banyak belajar pada saat akan ujian.

Pada saat akan menjelang ujian jangan terlalu banyak belajar. Mengapa demikian? Hal ini karena pada saat akan ujian, kebanyak orang akan menggunakan SKS atau sistem kebut semalam.

Hal ini malah akan membuat Anda pusing pada saat ujian dan materi yang Anda pelajari tidak ada yang paham. Oleh karena itu, belajarlah jauh-jauh hari sedikit demi sedikit.

8. Learning by doing

Learning by doing akan membantu otak menjadi lebih mudah untuk menangkap pelajaran. Ini dikarenakan otak manusia memang dirancang lebih mudah merekam secara visual yang dapat merekam secara langsung dengan cepat.

9. Learning by discussion

placeholder2 - Ini Dia 16 Trik Ampuh Cara Belajar yang Efektif, Efisien dan Menyenangkan

Berdiskusi dengan teman pada saat belajar merupakan langkah yang tepat. Ini karena Anda pastinya akan beradu argument dengan teman Anda yang dapat meningkatkan kecerdasan otak.

10. Jangan banyak menghafal tetapi memahami

Banyak orang yang melakukan kegiatan menghafal untuk mengingat materi pelajaran yang mereka pelajari.
Akan tetapi, hal ini merupakan cara yang salah. Untuk bisa memahami pelajaran yang ada lakukanlah dengan cara memahami agar Anda bisa mengingat materi lebih lama.

11. Malu bertanya sesat di jalan

placeholder2 - Ini Dia 16 Trik Ampuh Cara Belajar yang Efektif, Efisien dan Menyenangkan

Nampaknya peribahasa yang satu ini sangat tepat bagi Anda yang tidak berani bertanya jika ada materi yang tidak Anda pahami. Jadi, mulai sekarang beranilah untuk menanyakan materi yang belum Anda pahami kepada guru Anda.

12. Kegagalan adalah hal yang biasa

Sebagian orang akan menyerah pada saat mereka menemukan kegagalan. Akan tetapi, kebiasaan yang satu ini merupakan kebiasaan yang buruk dan salah.

Nah, pernahkah Anda mendengar bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda? Teruslah belajar dan pantang menyerah.

Hal ini karena Anda tidak pernah tahu persis dimana letak kegagalan Anda. Selain itu, tanpa adanya kegagalan, Anda tidak akan pernah tahu mana jalan yang benar. Jadi, tetaplah semangat meski Anda harus gagal berkali-kali.

13. Cintai pelajaran yang Anda suka namun jangan benci pelajaran yang tidak disukai

placeholder2 - Ini Dia 16 Trik Ampuh Cara Belajar yang Efektif, Efisien dan Menyenangkan

Cara belajar yang efektif, efisien dan menyenangkan yakni dengan tidak membenci materi pelajaran yang Anda benci.

Mungkin, Anda juga memiliki pelajaran yang disukai sehingga membuat Anda memiliki nilai yang unggul dalam materi tersebut. Namun, apalah artinya jika Anda juga memiliki materi pelajaran yang dibenci.

14. Banyak membaca

Membaca adalah jendela dunia, nampaknya peribahasa tersebut sangat tepat untuk mengartikan bahwa dengan membaca pengetahuan Anda akan menjadi tambah luas.

Jadi mulai sekarang, jangan bosan untuk memulai membaca. Mungkin Anda bisa memulainya dengan membaca buku yang disukai.

15. Belajar dengan menggunakan kata kunci

Cara belajar yang efektif, efisien dan menyenangkan akan bisa menjadi lebih mudah jika Anda menggunakan kata kunci.

Misal, jika Anda sedang belajar gaya gravitasi maka Anda bisa menyingkatnya dengan cara yang satu ini juga akan membuat Anda menjadi lebih mudah untuk ingat dan tidak gampang lupa.

16. Buat flashcard

placeholder2 - Ini Dia 16 Trik Ampuh Cara Belajar yang Efektif, Efisien dan Menyenangkan

Dengan membuat flascard hal ini dapat membuat Anda dapat dengan mudah mengingat setiap materi pelajaran.
Gunakan kertas kecil yang berukuran 15 x 15 cm, Anda bisa menempelkannya pada beberapa tempat yang sering dilalui seperti kamar, ruang makan atau yang lainnya. Anda juga bisa mengisi dengan beberapa pertanyaan, rumus penting atau yang lainnya.

Nah, cukup mudah bukan cara belajar yang efektif, efisien dan menyenangkan. Pastinya, cara belajar yang satu ini dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan dalam menyerap materi pelajaran. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *