business 2717427 640 - Alat Bantu Gambar di autoCAD

Dalam menggambar di autoCAD ada beberapa alat bantu yang perlu kita ketahui dan kuasai. Alat bantu ini biasa disebut panel letaknya ada di bawah layar kerja autoCAD. berikut ini adalah bentuknya:

placeholder2 - Alat Bantu Gambar di autoCAD

Semua alat bantu ini penting kita ketahui fungsi dan kegunaannya biar dalam menggambar di autocad jadi mudah. Pertama anda perhatikan panel yang menjorok ke dalam, ini artinya Panel Autocad sedang “AKTIF/ON”. Bila sedang tidak aktif panel Autocad kelihatan datar.

Setiap panel autocad ini bisa kita atur, caranya:

Klik Kanan pada panel yang akan diatur> klik setting.

maka akan muncul sebuah jendela tempat kita mengatur panel tersebut. sedangkan fungsi dan kegunaan panel autocad ini adalah sebagai berikut:

  1. SNAP : Bila panel ini aktif maka Pointer mouse anda akan meloncat‐loncat dalam bidang kerja autocad.
  2. GRID : Bila panel ini aktif maka bidang kerja autocad anda akan menjadi kertas millimeter blok.
  3. ORTHO : Bila panel ini aktif maka anda hanya bisa membuat garis lurus vertikal dan horizontal dalam bidang kerja autocad.
  4. POLAR : Bila panel ini aktif maka bisa membantu anda dalam membuat garis dengan besar sudut tertentu dalam bidang kerja autocad.
  5. OSNAP : Bila panel ini aktif maka akan memudahkan anda mencari titik tangkap sebuah objec yang akan anda gambar dalam bidang kerja autocad. Saya sarankan anda untuk selalu mengaktifkan semua objec osnap bila anda menggambar dalam bidang kerja  autocad. Cara mengaktifkan semua objec osnap: Klik Kanan Panel Osnap> Klik Setting>Klik Sellect All>Ok

placeholder2 - Alat Bantu Gambar di autoCAD

  1. OTRACK : Bila panel ini aktif maka anda akan mudah menemukan titik pusat sebuah object dalam bidang kerja autocad karena ada garis      bantu putus‐putus yang dihasilkan oleh panel otrack ini.
  2. DYN :  Bila  panel  ini  aktif  maka  anda  tidak  perlu  mengetikkan  tanda  @  dalam mengetikkan koordinat dalam bidang kerja autocad.
  3. LWT : Bila panel ini aktif maka ketebalan garis yang anda pilih melalui toolbar properties akan dimunculkan dalam bidang kerja autocad.
  4. MODEL : Bila panel ini anda klik maka anda berada pada kertas (Paper) layout bidang kerja autocad.

Saya harap anda cukup jelas dengan penjelasan fungsi panel sebagai alat bantu dalam bekerja di autocad silakan anda praktekkan sendiri dan semakin sering anda mencoba maka saya yakin anda akan semakin mahir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *